BAB I
PENDAHULUAN
Gianyar merupakan salah satu daerah andalan sektor kepariwisataan di
Bali, terus membangun obyek wisata baru guna mendukung rencana dan visi “ Pariwisata
Budaya Sebagai Andalan/ Tulang Punggung Pembangunan Secara Berkelanjutan ” ;
Salah satu obyek wisata yang menjadi primadona wisatawan di Kabupaten Gianyar adalah
obyek wisata Taman Safari disamping menyajikan berbagai macam binatang khas Indonesia
maupun luar negeri, juga disuguhkan pemandangan yang unik,berserta tempat penginapan di
dalamnya, jadi jika orang menginap disana serasa berada dihutan. Contoh obyek wisata
lainnya adalah Bali Bird Park, Bali Zoo Park, Pasar Sukawati, serta pemandangan yang masih
alami.
Sektor wisata yang beragam dengan keunikannya dan didukung dengan fasilitas serta
sarana transportasi yang tersedia di kawasan wisata dapat memberikan income pemerintah
yang sangat besar.
Pemerintah Kabupaten Gianyar telah melakukan promosi melalui media
masa seperti surat kabar dan pamflet. Namun metode tersebut belum cukup untuk
menginformasikan kepariwisataan secara meluas kepada wisatawan Lokal maupun Asing.
Para wisatawan akan mengalami kesulitan untuk menentukan perencanaan perjalanan wisata
karena gambaran daerah wisata tersebut tidak tersedia seperti visualisasi tempat, jarak antar
daerah wisata serta jalan yang akan dilalui. Oleh karena itu melalui perancangan dan
pembuatan SIG pariwisata diharapkan dapat menampilkan gambaran peta wisata Kabupaten
Gianyar sehingga lebih menarik dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Penyajian
informasi dalam bentuk web akan memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya.
Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) telah berkembang pesat. SIG dibuat
dengan menggunakan informasi yang berasal dari pengolahan sejumlah data, yaitu data
geografis atau data yang berkaitan dengan posisi obyek di permukaan bumi. Teknologi SIG
mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini,
seperti pengambilan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu
ditawarkan analisis geografis melalui gambar-gambar petanya. SIG dapat disajikan dalam
bentuk aplikasi desktop maupun aplikasi berbasis web. SIG juga dapat memberikan
penjelasan tentang suatu peristiwa, membuat peramalan kejadian, dan perencanaan strategis
lainnya serta dapat membantu menganalisis permasalahan umum seperti masalah ekonomi,
penduduk, sosial pemerintahan, pertahanan serta bidang pariwisata.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah
bagaimana membuat Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Kepariwisataan berbasis
Web sehingga informasi pariwisata tersebut dapat diakses dengan oleh masyarakat.
1.3 Batasan Masalah
Skripsi ini menekankan pada pembuatan SIG pariwisata dan Sistem Informasi
pariwisata Kabupaten Gianyar berbasis web, yang mencangkup berbagai hal, sebagai berikut:
- Pembuatan peta pariwisata Kabupaten Gianyar ini mengambil data peta dari Google Maps
- Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Google Maps API, Java Script dan HTML.
- Visualisasi peta dilengkapi dengan fasilitas zooming (perbesaran gambar).
- Terdapat fasilitas yang dapat menangani penambahan dan pengurangan pada obyek pemetaan serta pada fasilitas lain yang ada pada web.
- Fasilitas tambahan pada sistem yaitu home, profil, buku tamu, tandai tempat, register, alam, buatan, sejarah, petualangan, money changer.
- Jika terjadi pemekaran wilayah,sistem tidak dapat menangani permasalahan tersebut.
1.4 Tujuan Penelitian
Pada Penelitian SIG berbasis web ini bertujuan untuk menghasilkan SIG dengan
visualisasi data spasial yang berisi informasi letak obyek-obyek wisata dan fasilitas
penunjang wisata yang disajikan secara jelas kepada masyarakat sebagai promosi wisata
Kabupaten Gianyar.
1.5 Manfaat Penelitian
Pembuatan SIG pariwisata Kabupaten Gianyar berbasis web bermanfaat untuk :
- Memudahkan wisatawan untuk memperoleh informasi letak obyek wisata di Kabupaten Gianyar.
- Memberi sumbangan ide kepada pemerintah daerah dalam usaha menarik wisatawan sehingga dapat menambah income pemerintah Kabupaten Gianyar
1.6 Metode Penelitian
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode Waterfall yang terdiri
dari 5 tahap yaitu :
- Analisis kebutuhan
- Perancangan (Desain)
- Penulisan Program (Coding)
- Pengujian (Testing)
- Pemeliharaan Pada metodologi pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengujian (testing) saja.


0 Comments:
Post a Comment